Diberdayakan oleh Blogger.

Selayang pandang olimpiade penelitian siswa indonesia

by - Maret 25, 2017




Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia atau biasa disingkat OPSI adalah ajang kompetisi penelitian ilmiah tahunan bagi siswa SMA/MA, baik berupa karya tulis maupun temuan (invention). Kompetisi ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.


OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) adalah ajang kompetisi penelitian ilmiah tahunan bagi siswa SMA/MA, baik berupa karya tulis maupun temuan (invention).
Tahun 2016 merupakan tahun ke-8 bagi Direktorat Pembinaan SMA menyelenggarakan OPSI. Tahun ini bidang lomba OPSI dibagi ke dalam tiga kategori, yakni:
  1. Sains dan Teknologi
  2. Matematika dan Rekayasa
  3. Ilmu Sosial dan Humaniora
Dengan mengusung pesan #MENELETIITUSERU, OPSI ingin terus berupaya merubah pandangan umum siswa terhadap penelitian yang dianggap sebagai suatu pekerjaan serius, sulit, dan cenderung membosankan. OPSI ingin memberikan siswa pengalaman meneliti dengan cara yang menyenangkan sehingga minat meneliti terus meningkat dan dapat ditularkan oleh peserta OPSI pada teman dan lingkungannya.
Sebagai salah satu agenda penting Direktorat Pembinaan SMA, OPSI 2016 juga merupakan ajang seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai ajang lomba penelitian tingkat dunia sebagaimana telah dilakukan sebelum-sebelumnya

SEJARAH OPSI
Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) pada mulanya dikenal dengan nama LPIR (Lomba Penelitian Ilmiah Remaja) yang dimulai pada tahun 1977 hingga tahun 2008. LPIR berganti nama menjadi OPSI pada tahun 2009.
OPSI sendiri merupakan wahana pengembangan dan kompetisi bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) yang bertujuan untuk memotivasi siswa untuk melakukan penelitian dan terlatih untuk menyusun laporan ilmiah. OPSI merupakan salah satu implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan yang berorientasi pada peningkatan atmosfir akademi dan prestasi keilmuan melalui Penyelenggaraan Kegiatan Ilmiah; Penyelenggaraan Pameran Karya Inovatif dan Hasil Penelitian; dan Pembentukan Klub Sains.
OPSI tahun 2009 sampai dengan tahun 2013 diselenggarakan di Provinsi DKI Jakarta, tahun 2014 di Provinsi D.I Yogyakarta, tahun 2015 di Provinsi Jawa Timur, dan 2016 - 2017 ini kembali diselenggarakan di Provinsi DKI Jakarta.

KRITERIA PENILAIAN
Peserta
Peserta OPSI adalah siswa yang melakukan penelitian dan mengikuti proses seleksi OPSI sesuai dengan aturan OPSI yang berlaku.
Persyaratan peserta OPSI adalah: 
1. Warga negara Indonesia.
2. Siswa SMA/MA/sederajat negeri maupun swasta kelas X atau XI pada saat penelitian dilakukan.
3. Peserta dapat perorangan maupun berkelompok (maksimum dua orang) yang terdiri atas 1 ketua dan 1 anggota.
4. Peserta OPSI pada penelitian yang dilakukan berkelompok harus dari sekolah yang sama.
5. Setiap peserta hanya boleh terlibat dalam 1 (satu) judul penelitian.
6. Setiap kelompok/judul penelitian harus mempunyai guru pembimbing yang sesuai dengan bidang yang diteliti.
7. Peserta memberikan pernyataan bahwa penelitian yang dilakukan belum pernah dilombakan atau pernah dilombakan tapi belum mendapat juara/penghargaan di tingkat nasional.
Pembimbing
Pembimbing adalah guru yang membantu siswa dalam melaksanakan penelitian.
Syarat pembimbing peserta OPSI adalah:
1. Warga negara Indonesia.
2. Mengajar di sekolah yang sama dengan peserta yang dibimbingnya.
3. Membimbing siswa selama masa penelitian pada topik yang sesuai dengan bidang yang diampunya

PENDAFTARAN 
  1. Siapkan alamat e-mail aktif, soft copy foto terbaru dalam format jpg/png, scan Kartu Identitas Pelajar dalam format jpg, dan file Rancangan Penelitian dalam format pdf.
  2. Pastikan koneksi internet stabil.
  3. Buka situs pendaftaran OPSI di http://psma.kemdikbud.go.id/opsi
  4. Buat akun.
  5. Buka e-mail untuk verifikasi akun.
  6. Kembali ke situs pendaftaran OPSI .
  7. Klik sign in, masukan alamat e-mail dan password dengan benar.
  8. Input form biodata ketua jika Saudara berkelompok;
    • Jika kamu sendiri pilih individu.
  9. Submit
    • Jika pada poin 8 jika Saudara memilih kelompok, maka akan memasuki form biodata anggota.
  10. Input form kategori.
    • Pilih kategori
    • Masukan judul penelitian
    • Unggah Rencana Penelitian dalam format pdf.
    • Isi identitas sekolah
    • Isi identitas pembimbing.
  11. Input file Naskah Penelitian Akhir; Jika belum siap bisa langsung logut dan kembali sign in untuk melengkapi selambat- lambatnya  Agustus 

PENERIMAAN NASKAH

  1. Naskah hasil penelitian diterima oleh panitia OPSI.
    • Melalui website
      • Pengunggahan naskah penelitian (Rancangan Penelitian dan Naskah Penelitian Akhir) dalam format pdf.
    • Melalui pos
      • Pengiriman hard copy Naskah Penelitian Akhir  (cap pos) dialamatkan ke :
        PANITIA OPSI 2016
        Gedung A lantai 3, Komplek Kemdikbud, Ditjen Dikmen, Direktorat Pembinaan SMA, Jalan R.S. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan, 12410.
  2. Naskah penelitian yang dikirim kepada panitia tidak sedang dilombakan di tempat lain pada saat yang sama dan atau belum pernah menjuarai lomba sejenis.




Dan bagi kalian yang berminat untuk mengikuti opsi 2017 berikut saya sertakan link untuk mendownload pedoman opsi 2017 link pedoman opsi apabila masih bingung dan pertanyaan bisa email ke saya di meiriaandi@gmail.com atau bisa join grup OPSI di Facebook.

Ps. Saya merupakan alumni opsi 2012 bidang IPS dan Humaniora jangan malu bertanya ya. Sukses buat para calon peneliti muda Indonesia. Nanti saya akan posting tips and tricks mengikuti OPSI :)

Tertanda Andi Meiria Kurnia Utami

You May Also Like

0 komentar