Blog Asik
Jangan lupa RSS meimiaw :)
Bookmark
di Browser kamu
Punya pertanyaan?
Kirim email ke Mei!

Kamis, 23 Agustus 2012

Review Akuntansi

0 komentar


PENGERTIAN
Akuntansi pada intinya cuma proses membuat laporan dari aktivitas keuangan suatu perusahaan, namanya laporan keuangan. Profesinya disebut akuntan.

SEPUTAR JURUSAN
Bagaimana jika SMA jurusan IPA trus ngelanjutin ke akuntansi? Hmm bisa banget. Jadi pas SNMPTN ngambil IPC. Namun kamu mesti observasi dulu, yaaa dikit2 mempelajari akuntansi lah, dan kira2 kamu suka apa ga. Soalnya jika kamu milih akuntansi, ya minimal 3,5 tahun kuliah dan maksimal seumur hidup akan berkutat dengan akuntansi. Jadi jangan pas kuliah lalu merasa ga krasan, akhirnya daftar SNMPTN lagi. Kan sayang

Trus selama ini kan akunting identik dengan cewek, apakah cowok itu cocok masuk jurusan akuntansi? Heloooooooowwww???? heloooooooowwww???? heloooooooowwww???? Ini 2011 bung! Emansipasi! Cowok juga punya emansipasi, apa yang berhak dilakukan cewek, maka cowok juga berhak melakukannya! ƪ(‾ε‾“)ʃ

Sekarang (bahkan dari dulu) banyak kok cowok eh LAKI! yang kuliah di akuntansi, dan mereka juga tidak melambai atau mempunyai penyimpangan orientasi seksual #apabangetdeh

(sumpah nih adminnya sakit, ga bisa nulis serius. Kalo serius itu kemungkinan besar adalah copy-paste) ‎(˘̩̩̩o˘̩ƪ)

APA AJA YANG DIPELAJARI DI AKUNTANSI?
Nah agar membuat laporannya tiap perusahaan selaras, maka ada yang namanya aturan atau standar (SAI: standar akuntansi indonesia). So nanti kamu bakalan banyak mempelajari tentang aturan atau standar itu. Eits, tapi ga hafalan, lebih ke pemahaman. Selain diajarin tentang akuntansi, nanti juga diajarin tentang perpajakan, karena keduanya berkaitan erat,
di jurusan ini ga melulu diajarkan akuntansi, bisa botak kepala kalo dapet akun terus, (⌣́_⌣̀)\('́⌣'̀ ) *pukpuk* tapi ada mata kuliah lain2.

Ini adalah contoh silabus jurusan akuntansi salah satu universitas:
Pengantar Ekonomi Makro, Pengantar Ekonomi Mikro, Teori Ekonomi, Kebijakan Ekonomi Indonesia, Aspek Sosial Dalam Ekonomi, Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan Dasar, Akuntansi Biaya, Anggaran Perusahaan, Akuntansi Manajemen, Pengantar Manajemen, Pengantar Bisnis, Manajemen Pemasaran, Manajemen Produksi Dan Operasional, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Hukum Bisnis, Hukum Pajak, Matematika, Statistik, Metodologi Penelitian, Bahasa Inggris, Bisnis Etika, Etika Profesi, Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Akuntansi Keuangan Menengah, Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi , Laboratorium Sistem Informasi Akuntansi, Auditing, Laboratorium Akuntansi, Akuntansi Lanjutan, Perpajakan, Teori Akuntansi, Sistem Pengendalian Manajemen, Laboratorium Perpajakan, Laboratorium Audit, Komputer Bisnis
Tiap unversitas beda, jadi lebih baik kamu buka web univ yang kamu inginkan dan lihat silabus mata kuliah apa aja yang ada di jurusan akuntansi univ tersebut
Dan Jurusan jurusan lain di Fakultas Ekonomi misal Manajemen atau Ekonomi, nanti juga dapet akuntansi kok, tenang aja *evil smirk* (⌣́_⌣̀)\('́⌣'̀ ) *pukpuk* lagi

GIMANA RASANYA KULIAH AKUNTANSI
Rasanya bagai menembus awan yang berlapis lapis, meluncur bareng paus akrobatis, ngebut menuju rasi bintang palingmanis..... karna hidup banyak rasa, kopi good day punya banyak rasa untuk harimu
#iklan
#sumpahsayagadibayar!!

Jika kamu niat masuk akuntansi, kamu harus serius kuliahnya, terutama di awal sebagai fondasi. Ga bisa sambil kayang-kayang. Karena bila konsep akuntansimu lemah, maka akan sulit memahami penjelasan-penjelasan selanjutnya dan pelajaran semester 1 akan tetep dipake pas semester 2 sampai akhir, konsepnya juga nanti dipakai di mata kuliah perpajakan juga. Oke mata kuliah lain lain kayak hukum, pengantar ekonomi boleh lah sambil kayang-kayang, tapi kalo akuntansi, jangan.
Bila kamu dari awal benci ma akuntansi, mending ga usah memaksa, karena kuliahnya relatif lebih sulit dibanding jurusan lain di fakultas ekonomi.

LAPANGAN KERJA
Setiap perusahaan punya aktivitas keuangan dan harus membuat laporan keuangannya, jadi artinya setiap perusahaan butuh tenaga akuntan. Coba aja lihat lowongan lowongan kerja di koran, pasti banyak banget yang butuh tenaga akuntan. Selain jadi akuntan dan perbankan, lulusan jurusan akuntansi juga bisa jadi auditor atau bisa juga sebagai konsultan pajak.

BEBERAPA KAMPUS DENGAN JURUSAN AKUNTANSI YANG BAGUS
Intinya kuliah dimana aja, tetep faktor yang paling dominan menentukan kesuksesan seseorang adalah diri mereka sendiri. Tapi memang ga dapat dipungkiri kalo track record universitasnya juga berpengaruh. Yah, semua itu pilihan. Jika kamu kuliah di universitas yang biasa-biasa aja, tapi disitu kamu bisa menonjol dan berprestasi, tentu kamu akan dapet nilai plus, misal lebih mudah dapet beasiswa, atau jadi perwakilan kampus buat lomba antar universitas. Tapi bila kamu kuliah di kampus ternama tapi ga bisa bersaing, tentu itu menjadi sebuah tantangan tersendiri, dan apabila kamu bisa jadi yang terbaik di kampus terbaik, maka itu merupakan pencapaian yang luar biasa. Sekali lagi itu pilihan. Dan banyak sekali faktor dalam menentukan pilihan itu.

Kalo akreditasi, banyak sekali kampus dengan akreditasi A di Indonesia. Antara lain: Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, dll banyak banget

Maksudnya akreditasi A gimana? Misalnya kayak nilai kuliah, nilai 80-100 itu dapat nilai A. jadi diantara akreditasi A diatas, ada beberapa kampus yang nilai A nya paling bagus.
Menurut banyak sumber yang paling banyak diminati dan favorit kalo PTN itu di UI, UGM, UNAIR dan UNPAD kalo PTS itu Trisakti

yah,, wherever u will, just do the best right now
cinta itu tak harus memiliki, tapi....
milikilah cinta itu, karena cinta itu ada sebesar yang kau butuhkan
sebab cinta ada sebagaimana engkau ada.....

loh qoutenya kok cinta-cintaan? Galau deh (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)

0 komentar: