Blog Asik
Jangan lupa RSS meimiaw :)
Bookmark
di Browser kamu
Punya pertanyaan?
Kirim email ke Mei!

Senin, 08 April 2013

H-6 UN

0 komentar
Berita H-6 go to UN
spirit for UN

dibaca sampai bawah yaa, ada peraturan tentang pembagian tempat duduk juga lhoo :v

1. Sebanyak 3.371 siswa-siswi tingkat SMA/MA/SMK sederajat di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat siap mengikuti Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan pada 15-18 April 2013.

2. Pada penyelenggaraannya UN 2013, imbuhnya, Dinas Pendidikan setempat mengusung tiga sukses, yakni sukses dalam pelaksanaan, hasil dan aplikasi. "Minimal angka kelulusan siswa meningkat atau mampu mempertahankan peringkat hasil UN Pasaman pada tahun lalu yang berada di peringkat ke-4 besar di Provinsi Sumbar," ujarnya.

3. Dalam pengawasan pelaksanaan UN di sekolah, pihaknya menggunakan sistem silang, dimana seorang guru akan ditugaskan mengawasi UN di sekolah yang bukan tempat dia mengajar, tapi di sekolah lain.

4. Setiap lokasi ujian juga akan dimonitor dan dipantau oleh jajaran kepolisian, serta tim dari perguruan tinggi untuk memantau kemungkinan terjadinya penyimpangan-penyimpangan selama proses pelaksanaan UN berlangsung. 

5. Siswa/siswi SMKN 1 Percut Sei Tuan menggelar perpisahan siswa kelas XII dirangkaikan donor darah bekerjasama dengan PMI Cabang Deli Serdang, di halaman sekolah Jalan Kolam Desa Medan Estate Sabtu (6/4). 

6. Demi mewujudkan kelancaran ujian nasional (UN) 2013, pemerintah bersama Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) berkomitmen memperketat proses persiapan hingga pelaksanaan.

7. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah mengirimkan tim guna memantau proses percetakan. Karena tidak dapat dimungkiri, proses pencetakan naskah merupakan tahapan yang rawan pelanggaran, yang dapat menyebabkan kebocoran soal UN.

8. Dia menegaskan, pemerintah dan BSNP bersepakat akan memberikan sanksi bagi pihak yang melanggar, baik peserta UN maupun pengawas. Sanksi dibuat menjadi tiga kategori, yakni sanksi ringan, sedang, dan berat. “Misalnya, siswa yang meminjam alat tulis atau tidak membawa kartu masuk dalam sanksi ringan. Sanksi sedang misalnya, membuat kegaduhan dan membawa Hp ke ruang ujian, sanksi berat kalau mencontek, kerja sama dengan peserta ujian lainnya. Sanksi berat bagi siswa dapat dikeluarkan dari ruang ujian dan dapat dinyatakan tidak lulus,” ujarnya.

9. Penolakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) kembali muncul dan semakin panas. Baru-baru ini sebanyak 12 situs pendidikan milik pemerintah dan swasta dibajak oleh cracker. 

10. Cracker ini menuliskan pesan yang sama pada 12 situs yang dibajak. Berikut isi pesan yang muncul pada salah satu situs tersebut:

BAPAK PENGEN NINGKATIN MUTU PENDIDIKAN DENGAN UN ? BUKAN BEGITU CARANYA

UN HANYA ADA DI INDONESIA DAN HANYA DI INDONESIA , SETELAH 12 TAHUN DUDUK ,MENCORETI RIBUAN LEMBAR KOSONG ,BAPAK HANYA MELIHAT 4 HARI UNTUK 12 TAHUN , Festival Kami akan terus kami mulai jika peraturan ini makin labil dan membunuh kami ,INGAT PAK SEMUA SISWA PUNYA KEMAMPUAN YG TIDAK 

11. Berikut 12 situs yang dibajak:

1. http://bkd.malangkab.go.id/
2. http://capil.balikpapan.go.id/
3. www.smpn10surabaya.sch.id/
4. http://smpn2-sukodono.sch.id/
5. http://lppm.unesa.ac.id/
6. http://pkk-kabmojokerto.org/
7. http://sma2madiun.sch.id/
8. http://sma-imm.sch.id/
9. http://bimbellbba.com/
10. http://situs-pendidikan.com/
11. http://www.smpn2sutojayan.sch.id/
12. http://www.sekolahwijayakusuma.com/(Merdeka)

12. Kini dalam satu lokal akan ada 20 jenis berbeda. Sehingga semua peserta ujian akan mengerjakan soal dari rekannya yang lain di dalam satu ruangan.
Tahun lalu, hanya ada lima paket soal berbeda.

13. Sebanyak 977 naskah Ujian Nasional (UN) 2013 untuk tingkat SMA/sederajat mulai dikirim ke Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, bersama dengan penjagaan ketat polres setempat.

14. Buruh di Semarang dikhawatirkan tidak bisa mengikuti ujian nasional (UN) dari program paket C lantaran tak diberi izin oleh perusahaan mereka masing-masing.

15. Untuk melancarkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dimulai pada tanggal 15 sampai 18 April 2013 mendatang di Sumatera Utara, pihak Universitas Negeri Medan (Unimed) menyiapkan sebanyak 1.979 Tenaga Pengawas. “ Yang kita rekrut adalah para dosen dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Sumut," terang Pembantu Rektor I Unimed, Khairil Ansari.

16. Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sudah di depan mata. Giat belajar dan mempersiapkan segala sesuatunya sudah pasti penuh dengan kerja keras. Apalagi UN menjadi penentu dari masuk ke jenjang selanjutnya.

17. Dalam UN tersebut, pengawas pun tidak boleh mengawas pada ujian mata pelajaran yang mengajar mata pelajaran tersebut. Nantinya akan ada 20 variasi soal dan 20 barcode. "Jadi susah untuk mendapatkan bocoran," pungkasnya.(ade)

18. Penyelenggaran ujian nasional (UN) 2013 cukup berbeda dari tahun lalu. Pada tahun ini, jumlah peserta di ruangan terakhir tidak boleh kurang dari atau sama dengan lima orang siswa.

19. Jika jumlah terakhir sebanyak kurang dari atau sama dengan lima, pembagian jumlah ruangan sebelumnya akan dibagi dua.

20. “Semisal dalam satu kelas ada 45 siswa. Berarti akan ditempatkan dalam tiga ruangan dengan komposisi 20, 10 dan 15 siswa,” ujarnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (5/4)

21. Sementara itu, jika dalam satu ruangan terdapat 46 siswa pembagian dapat dilakukan menjadi tiga ruangan. Masing-masing kelas akan dihuni oleh 20, 20 dan enam siswa. Jumlah minimal siswa harus di atas lima orang untuk dapat ditempatkan di satu ruangan ujian.

22. “Semisal ada 22 siswa, jangan hanya dijadikan 20 dan dua. Paling tidak satu kelas ada 15 dan tujuh siswa untuk menjaga psikologi anak,” terangnya saat dihubungi Solopos.com.

dari berbagai sumber oleh @yazid_abroor
*Terima Kasih kak Yazid Afifudin Abror*

0 komentar: