Blog Asik
Jangan lupa RSS meimiaw :)
Bookmark
di Browser kamu
Punya pertanyaan?
Kirim email ke Mei!

Sabtu, 15 Desember 2012

Kenapa China: Negara terpintar di dunia ?

0 komentar

Baca-baca berita di BBC, eh.... ada artikel menarik tentang CHINA : The World's Cleverest Country..?
Ternyata....., kenapa sekarang China ditakuti banyak negara ? Karena Pendidikannya itu dapat menyalip  pendidikan yang berada di negara-negara barat, haduh.... saya aja sempet kaget, dulu-dulu sih Finlandia nih yang sempet dapet negara terpintar, tetapi berkat Pisa Test yang telah menjadi benchmark (patokantes yang buat mengukur skill dalam membaca, sains, dan angka tiap 3 tahun sekali pada tahun-tahun terakhir China yang berada diperingkat 1.

Dan ternyata Mindsetnya orang china tentang sukses itu berbeda, dibandingkan ama orang-orang lain itu.. seperti ini

There were also major cultural differences when teenagers were asked about why people succeeded at school.

"North Americans tell you typically it's all luck. 'I'm born talented in mathematics, or I'm born less talented so I'll study something else.'
"In Europe, it's all about social heritage: 'My father was a plumber so I'm going to be a plumber'.
"In China, more than nine out of 10 children tell you: 'It depends on the effort I invest and I can succeed if I study hard.'
Kalau Amerika mengenai keberuntungan, kalau Eropa mengenai warisan, kalau China..? tentang attempt/effort.
In Java (Jawa), sepertinya hanya ada kata " Tuhan yang menentukan jalan" dan biasanya kalau udah kata begitu yang ada hanya pasrah, banyak temen-temen saya sebagai orang jawa biasanya hanya  berkata "semua sudah ada jalannya", saya tertarik dengan para orang china di antara 9 dari 10 yang berkatarta semua itu tergantung usaha yang  dapat sukses apabila belajar dengan keras !.
Ambil contohnya Film Kung Fu Panda  kita sebut si Po (kalau ngak salah) itu tuh yang Panda gendut, liat tuh betapa si Kung Fu Panda dapat mengalahkan musuhnya berkat latihan yang keras :D, so.. it's about attemp.

In Sumatra , sebagian besar besar semuanya ditentukan oleh guru. Guru suka , berbahagialah, guru ga suka elus-elus dada aja. Karena ga semua besar guru itu bijaksana. Bahkan, kadang-kadang yg bener itu hanya guru dan Tuhan. Jika sudah begitu, murid pun cuma bisa menerima (terpaksa). Padahal saya berpendapat bahwa dalam pendidikan semua itu adalah proses belajar bersama antara guru dgn murid, dan tidak ada yg sempurna. Dalam KBM itulah saling melengkapi ilmu satu sama lain.
Sebagai orang Indonesia, coba saya akan mencontoh mindset murid2 siswa di China
yang terpenting lagi ini nih
===========================
"They take on responsibility. They can overcome obstacles and say 'I'm the owner of my own success', rather than blaming it on the system."
Tapi kita lihat murid-murid di China, mereka mempunyai tanggung jawab dan dapat mengatasi setiap kesulitan dengan berkata 'I'm the owner of my own success', rather than blaming it on the system."

Itulah sebabnya mengapa sekarang Negara terpintar, karena pada niat-niat :D, harus di tiru bro dan yang terpenting jangan menyalahkan keadaan !

Kesimpulan :
Mereka aja bisa , kenapa kita ga?
Maka dari itu  : NIAT-BELAJAR !! :D XD
By : Andi Meiria Kurnia Utami


0 komentar: